Kamis, 13 September 2018

3.11. Memahami kebutuhan persyaratan alat-alat untuk membangun server autentifikasi

Memahami kebutuhan persyaratan alat-alat untuk membangun server autentifikasi


A. Autentifikasi Server
 Merupakan salah satu dari banyak metode yang digunakan untuk menyediakan bukti bahwa dokumen tertentu yang diterima secara elektronik benar-benar datang dari orang yang bersangkutan dan tak berubah caranya adalah dengan mengirimkan suatu kode tertentu melaui e-mail dan kemudian pemilik e-mail mereplay email tersebut atau mengetikan kode yang telah dikirimkan.

B. Radius Server (Remote Authentication Dial-In User Service)
 adalah sebuah protokol keamanan komputer yang digunakan untuk melakukan autentikasi, otorisasi, dan pendaftaran akun pengguna secara terpusat untuk mengakses jaringan. Radius diterapkan dalam jaringan dengan model client-server.



Server Radius menyediakan mekanisme keamanan dengan menangani otentikasi dan otorisasi koneksi yang dilakukan user. Pada saat komputer client akan menghubungkan diri dengan jaringan maka server Radius akan meminta identitas user (username dan password) untuk kemudian dicocokkan dengan data yang ada dalam database server Radius untuk kemudian ditentukan apakah user diijinkan untuk menggunakan layanan dalam jaringan komputer. Jika proses otentikasi dan otorisasi berhasil maka proses pelaporan dilakukan, yakni dengan mencatat semua aktifitas koneksi user, menghitung durasi waktu dan jumlah transfer data dilakukan oleh user. Proses pelaporan yang dilakukan server Radius bisa dalam bentuk waktu (detik, menit, jam, dll) maupun dalam bentuk besar transfer data (Byte, KByte, Mbyte) (Anonim-B, 2006). Software server Radius yang digunakan dalam penelitian ini adalah Freeradius yang bersifat modular dan memiliki banyak fitur. Freeradius merupakan software server yang berbasis pada open source dan berlisensi GPL.

Radius server biasanya di implementasikan pada OS Linux atau Windows NT, Free Radius salah satu yang populer untuk OS linux.


* Macam-Macam Software Radius Server :

1. FreeRADIUS SERVER dan CoovaChili
 FreeRadius merupakan Radius Server yang cukup populer di ranah open source. Dikembangkan oleh Alan DeKok dan Miquel van Smoorenburg pada tahun 1999. Sebelumnya Miquel mengembangkan Cistron Radius, namun kemudian menjadi tidak aktif dikembangkan lagi. FreeRadius kemudian dapat diterima secara luas dan mendapat dukungan dari komunitas opensource. Seiring berkembanngnya waktu, FreeRadius selain mensupport teks file kemudian mensupport LDAP, SQL(MySQL, Oracle, PostgreSQL, MSQL, dll) dan EAP. FreeRadius sendiri diklaim cukup cepat, kaya fitur, dapat diandalkan dan skalabel. Free Radius sendiri berjalan di banyak platform OS seperti Windows, keluarga Linux/Unix, Mac OS, Sun Solaris.

2. DoloRadius
adalah sebuah software yang dibuat untuk memanajemen RADIUS server yang dibangun menggunakan freeRADIUS. Mengapa ada daloRADIUS? Agar lebih mempermudah kita (orang awam) untuk melakukan CRUD(Create, Read, Update dan Delete) pada database freeRADIUS. Artinya, kita sebagai pengelola RADIUS server dapat dengan mudah mengelola akun mana yang dapat terhubung dengan hotspot kita, akun mana yang tidak dapat terhubung, menghapus akun, menambah akun, dan sebagainya. Dikatakan mempermudah (atau lebih mudah) karena kita tidak perlu menggunakan perintah (command) Linux atau sejenisnya yang diketikkan via console (terminal), tetapi cukup melalui web browser denganinterface yang mudah dipahami.

Tetapi, daloRADIUS saja tidak cukup ketika kita ingin membuat RADIUS server. Ingat bahwa daloRADIUS hanya bertugas untuk mempermudah manajemen freeRADIUS, tetapi tidak menyediakan interface atau yang biasa dikenal dengan captive portaluntuk client. Sepemahaman saya, tanpa captive portal, pengguna hotspot tidak bisa berinteraksi dengan server karena tidak tahu apakah pengguna berhak terhubung dengan internet atau tidak. Lebih dalam lagi, pengguna tidak tahu apa yang harus dilakukan ketika tidak ada captive portal. captive portal yang membuat pengguna mengerti apa yang harus dilakukan. ChilliSpot adalah salah satu captive portal yang banyak digunakan pada RADIUS server. Namun, sekarang ini sudah tidak dikembangkan lagi. ChilliSpot digunakan sebagai dasar pembuatan CoovaChilli.

3. Aradial Radius Server
 Aradial adalah RADIUS server kinerja tinggi denganTier 1 tingkat keandalan dan skalabilitas. Aradial mendukung RFCterbaru, atribut vendor tertentu, template NAS dan memiliki banyakpra-konfigurasi pengaturan yang mendukung Server Akses paling di pasar saat ini. Aradial didasarkan pada arsitektur plugin, yang memungkinkan menyesuaikan logika otentikasi dan akuntansi, di luar produk inti.

 Radius Aradial Berjalan pada Windows, Linux dan Solaris, dan mendukung semua database. Rad
ius Aradial terintegrasi dengansolusi Penagihan atas untuk ISP, WISP, Wifi – Hotspot dan VOIP.

Manfaat Radius Aradial perangkat lunak adalah:
- Mudah instalasi
- Mudah implementasi
- Mudah dioperasikan
- Mudah untuk menyesuaikan
- Penuh kepatuhan terhadap standar
- Tinggi kinerja
- Tinggi Ketersediaan dan keandalan
- Skalabilitas

C. TACACS+
TACACS+ (Terminal Access Controller Access-Control System) merupakan protokol yang menyediakan layanan akses kontrol pada router, switch, dan peralatan jaringan lainnya. TACACS+ dikembangkan dari TACACS protokol. Meskipun namanya terlihat sama, sebenarnya kedua protokol tersebut berbeda dan sama sekali tidak kompitebel.

TACACS+ merupakan service yang menggunakan TCP port 49 untuk sarana komunikasinya. Ada banyak sekali server program yang mengimplementasikan TACACS+ seperti ACS cisco, tac-plus, dan DialWays. Dalam artikel ini, kita akan mencoba mengkonfigurasi sebuah TACACS+ server, dengan menggunakan program tac-plus (program yang dikembangkan oleh Cisco Inc. dan di distribusikan dengan lisensi open source), yang nantinya di uji dengan sebuah cisco router.

Komputer yang aku gunakan adalah AMD Althon 64 3000+, memori 1 Gbyte, dan OS Debian Linux Etch. Sedangkan untuk router cisco digunakan simulator dynamips dan dynagen.


https://12tekajeku.blogspot.com/2017/08/kd-311-411_18.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

3.15. Memahami tata cara pengamanan komunikasi data menggunakan teknik kriptografi

pengamanan komunikasi data menggunakan teknik kriptografi kriptografi  adalah ilmu yang mempelajari teknik-teknik matematis yang berhub...